jasa service ac denpasar

Cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan. Tak sedikit dari kita mengabaikan tingkat kebutuhan AC dilihat dari luas ruangannya. Sebab banyak yang berpikir jika tempatnya kecil, dengan begitu cukup menggunakan AC ½ PK saja. Maupun sebaliknya dikarenakan tempatnya berukuran besar jadi kita pun memasang AC 2 PK. Selain itu, kita juga berpikir sudah bisa berhemat dengan hanya membeli AC 1 unit dibandingkan 2 unit. Kita harus mempertimbangkan jangan sampai penggunaan AC yang dibeli terlalu besar bahkan boros sedangkan AC yang terlalu kecil kurang dingin.

Cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan

Metode Cara Menghitung Kebutuhan Kapasitas AC Ruangan

Kebutuhan kapasitas AC yang akan digunakan ditentukan dari seberapa luas ruangan untuk diletakkan AC. Nah, ada beberapa metode cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan seperti berikut ini!

  1. Rumus Perhitungan Kebutuhan Kapasitas AC Ruangan I

Rumus untuk menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan yang pertama adalah :

(Panjang x tinggi ruangan x lebar x 37 x faktor 1) + (faktor 2 x jumlah orang)

Adapun untuk angka faktor 1 yaitu misalnya pada kamar tidur = 5. Sementara pada living room atau kantor = 6, terakhir untuk restoran, warnet, mini market atau salon = 7.

Sementara untuk angka faktor 2 sendiri, misalnya pada orang dewasa sebanyak 600 Btu, pada anak-anak sebanyak 300 Btu.

Misalnya saja ruangan pada kamar tidur memiliki panjang sekitar 3m. Dengan lebar 3 meter dan juga tinggi ruangan sekitar 3 meter, lalu kamar tersebut ditinggali 2 orang dewasa. Dengan begitu perhitungannya menjadi :

(3 x 3 x 3 x 37 x 5) + (600 x 2)

= 4.995 + 1.200

= 5.195 Btu

  1. Rumus Perhitungan Kebutuhan Kapasitas AC Ruangan II

Cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan ini tergolong lebih simple serta sangat umum digunakan. Meskipun tak seakurat jika dibandingkan rumus yang pertama. Dimana rumus yang kedua tersebut hanya mengalikan antara lebar ruangan dengan panjang ruangan dan 500 Btu.

Cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan

Misalnya : Untuk ruangan 3m x 3m = 9 m2 x 500 Btu = 4.500 Btu. Dengan kata lain demi mendinginkan ruangan berukuran 3×3 dibutuhkan setidaknya AC berkapasitas ½pk sebab AC ½pk mempunyai Btu mencapai 5.000.

Berdasarkan cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan di atas, seringkali terjadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak pengguna AC. Jika ruangan sebesar 3m x 4m. Dengan begitu jumlah Btu untuk ruangan tersebut yang dibutuhkan yakni (12m2 x 500) yakni 6.000 Btu. Dimana angkat tersebut merupakan angka keramat. Untuk AC ½ pk mempunyai 5000 Btu, untuk AC ¾ pk mempunyai 7000 Btu. Sedangkan untuk ukuran ruangan tadi Btu yang diperlukan yakni 6.000. Untuk itu, kapasitas AC yang digunakan yang paling tepat yang mana apakah ½ pk ataukah ¾ pk?

Adapun jawabannya pastinya menggunakan kapasitas AC ¾ pk Adapun alasannya jika Anda tetap menggunakan kapasitas AC ½ pk. Ruangan memang tetap dingin namun AC bekerja hingga 100% pada kecepatan fan yang maksimum dengan suhu remot mencapai 16derajat celcius. Misalnya saja ruangan dapat terasa dingin. Khususnya disiang hari terlebih jika kamar tersebut terdapat jendela dengan menghadap arah barat yang arah matahari siang kesore tengah panas-panasnya. Maka AC tersebut tentunya tak akan tahan lama sebab kinerja dari kompresor terlalu dipaksa harus maksimal.

Dampaknya lagi, konsumsi listrik untuk penggunaan AC tersebut semakin boros sebab compressor menjadi lebih sering hidup dibandingkan matinya. Lalu ketika kompresor menyala maka konsumsi listrik dengan sebesar pk pada AC tersebut akan terkonsumsi secara terus menerus. Dengan begitu, jika Anda sudah mendapatkan jawabannya dan memahami cara menghitung kebutuhan kapasitas AC ruangan.

Jika Anda butuh jasa service ac denpasar. Langsung bisa hubungi kami via telepon atau whastApp dinomor telepon 085 258 588884 atau 085 857 588884 Team kami dengan senang hati melayani Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *